Fungsi Kurikulum dilihat dari Tiga Sudut

1. Bagi sekolah yang bersangkutan.
2. Bagi sekolah pada tingkatan diatasnya dan.
3. Bagi masyarakat/pemakai lulusan sekolah tersebut”.
(Daradjat, dkk, 1992:122).
Untuk sekolah yang bersangkutan, kurikulum sekurang-kurangnya memiliki dua fungsi”
(1) Sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan.
(1) Sebagai pedoman dalam mengatur kegiatan pendidikan sehari-hari”. (Daradjat, 1992:122).
Fungsi Kurikulum menurut menurut Oemar Hamalik yaitu:
1. Memuat isi dan materi pelajaran maksudnya kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan.

2. Kemudian kurikulum sebagai rencana pembelajaran maksudnya kurikulum yang merupakan suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. Dengan program itu para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran.
3. Selanjutnya kurikulum sebagai pengalaman belajar. Perumusan atau pengertian kurikulum lainnya yang agak berbeda dengan pengertian-pengertian sebelumnya lebih menekankan bahwa kurikulum merupakan serangkaian pengalaman belajar. (Hamalik, 1995:17).

0 komentar:

Powered by Blogger.

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.