1) Pokok-pokok Materi kurikulum pendidikan agama Islam antara lain:
1. Hubungan manusia dengan Allah SWT.
Hubungan vertical antara insan dengan khaliknya mendapatkan prioritas pertama dalam penyusunan kurikulum ini, karena pokok ajaran inilah yang pertama-tama perlu ditanamkan anak didik. Tujuan kurikuler yang hendak dicapai dalam hubungan manusia dengan Allah ini mencakup segi keimanan, rukun Islam dan Ihsan. Termasuk ke dalamnya membaca Al-Qur’an dan menulis huruf Al-Qur’an.
2. Hubungan manusia dengan manusia.
Aspek hubungan dan pergaulan hidup manusia dengan sesamanya sebagai pokok ajaran agama Islam yang penting ditempatkan pada prioritas kedua dalam urutan kurikulum ini. Tujuan kurikuler yang hendak dicapai dengan kurikulum ini mencakup segi kewajiban dan larangan dalam hubungan dengan sesama manusia, segi hak dan kewajiban di dalam bidang pemilikan dan jasa, kebiasaan hidup bersih dan sehat jasmaniah dan rohaniah, dan sifat-sifat kepribadian yang baik.
3. Hubungan manusia dengan alam.
Agama Islam banyak mengajarkan tentang alam sekitar, dan manusia diberi amanat oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi. Manusia boleh menggunakan dan mengambil manfaat dari alam menurut garis-garis yang ditentukan Allah. (Amin, 1992:106).
2) Materi/Bidang-bidang yang Dikembangkan Dalam PKB (Program Kegiatan Belajar TK) dalam Program Pengembangan Khusus Agama.
1. Keimanan:
Dasar-dasar pengetahuan tentang rukun iman/pendidikan akidah.
a) Mengenal Allah Melalui Ciptaannya
1) Mengenal Allah melalui ciptaannya.
d. Ciptaan Allah dari jenis manusia.
d. Ciptaan Allah dari jenis binatang.
d. Ciptaan Allah dari jenis tumbuh-tumbuhan.
d. Ciptaan Allah dari jenis benda alam.
2) Mengenal Allah melalui adanya sifat-sifatnya.
a. Allah Maha Pandai.
b. Allah Maha Pengasih dan Penyayang.
c. Allah Maha Maha Melihat.
d. Allah Maha Maha Mendengar.
e. Allah Maha Maha Esa.
b) Mengenalkan Beberapa Malaikat Utusan Allah serta Tugas-tugasnya
1) Malaikat Jibril.
2) Mikail.
3) Rokib dan Atid.
4) Ridwan.
c) Mengenal Rosul Utusan Allah serta Sifat-sifatnya
1) Kota kelahiran Nabi Muhammad.
2) Keluarga dekat Nabi Muhammad.
3) Sifat-sifat Nabi Muhammad.
1. Jujur.
2. Pandai.
3. Berbudi luhur.
d) Mengenal Al-Qur’an Kitab Suci dan Cara Mengamalkannya
1) Membaca surat-surat pendek.
2) Isi ajaran Al-Qur’an.
3) Sejarah turunnya Al-Qur’an mengenalkan huruf Al-Qur’an (huruf Hijaiyah).
e) Mengenal Adanya Kehidupan Akhirat Gambaran Kehidupan di Surga
f) Mengenal Dasar Pengetahuan tentang Taqdir sebagai Ketetapan Allah
1) Hidup.
a. Kelahiran bayi.
b. Hidup kaya.
c. Hidup Miskin.
2) Meninggal.
a. Meninggal karena sakit.
a. Meninggal karena kecelakaan.
b. Meninggal karena usia.
2. Ibadah.
Dasar-dasar pengetahuan rukun Islam yang tercermin dalam sikap perbuatannya.
a) Mengenal Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan artinya
1) Latihan mengucapkan bacaan.
2) Latihan mengucapkan artinya.
b) Mengenal Cara Mengerjakan Ibadah Sholat
1) Cara mengerjakan Ibadah Sholat.
a. Gerakan Sholat.
b. Bacaan Sholat.
c. Tempat Sholat.
d. Waktu Sholat.
e. Perlengkapan Sholat.
2) Macam-macam Sholat.
a. Sholat Jum’at.
b. Sholat Idul Fitri.
c. Sholat Idul Adha.
3) Mengenalkan cara Wudhu dan Bacaannya.
c) Mengenal Cara Ibadah Puasa
1) Cara sahur.
2) Menahan lapar disiang hari sesuai dengan kemampuannya.
3) Praktek berbuka Puasa.
d) Mengenal Cara Membayar Zakat
1) Zakat Fitrah.
a. Barang yang dizakatkan.
b. Yang berhak menerima zakat.
c. Waktu memberikan Zakat.
2) Zakat Mal (harta).
Dengan latihan memberikan sebagian yang dimilikinya atau disenanginya.
e) Mengenal Cara Ibadah Haji/Praktek Haji.
1) Pakaian Haji.
2) Cara Thawaf.
3) Cara Sa’i.
3. Akhlak.
Dasar-dasar pengetahuan tentang Ikhsan/Akhlak dan pengamalannya.
a) Mengenal Akhlak terhadap Allah.
1) Bersikap baik waktu sedang ibadah.
2) Sikap waktu sholat (tenang, khusuk, tuma’ninah).
3) Sikap waktu berdo’a.
4) Sikap waktu orang sholat dan berdo’a.
5) Sikap waktu mendengar Adzan.
b) Mengenal Akhlak terhadap orang tua.
1) Patuh dan hormat terhadap orang tua.
2) Membantu orang tua.
3) Mendo’akan orang tua.
4) Sopan santun terhadap orang yang lebih tua. (kakak, bibi, paman, dll).
4. Pembinaan Membaca Menulis Huruf Al-Qur’an.
1) Mengenal dan mengucapkan huruf hijaiyah dengan fasih.
2) Membaca huruf yang telah diberi syakal, yang terdiri dari huruf:
3) Membaca dan menulis huruf Al-Qur’an. (Halim, dkk,1995:20).
Pokok-pokok Materi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Powered by Blogger.
Blog Archive
-
▼
2010
(215)
-
▼
April
(23)
- Ciri-ciri Kurikulum Berbasis Kompetensi
- Pokok-pokok Materi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
- Faktor-faktor Kurikulum Pendidikan Agama
- Tujuan Kurikulum yang Terkandung di dalam Kurikulu...
- Fungsi Kurikulum dilihat dari Tiga Sudut
- Pengertian Kurikulum Taman Kanak-kanak
- Pengertian Kurikulum Pendidikan Agama Islam
- Pengertian Kurikulum
- Evaluasi pendidikan agama Islam
- Metode Pendidikan Agama Islam
- Materi Pendidikan Agama Islam
- Materi Pendidikan Agama
- Dasar dan Tujuan Pendidikan
- Pengertian Pendidikan Agama Islam
- Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pad...
- Pengertian Motivasi
- Makalah Manusia Sebagai Makhluk Pendidikan
- Klasifikasi dan Jenis-Jenis Kemiskinan
- Devinisi Kemiskinan
- Pendidikan VS Pengangguran
- بِِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Dalam blog ...
- Hukum dan Rukun ISTINJA'
- Perjalanan Hidup
-
▼
April
(23)
0 komentar:
Post a Comment