Pengertian Kurikulum Taman Kanak-kanak

Pengertian kurikulum di Taman Kanak-kanak menurut Soemiarti Patmonodewo adalah: Seluruh usaha atau kegiatan sekolah untuk merangsang sang anak supaya belajar, baik di dalam maupun di luar kelas. Anak tidak terbatas belajar dari apa yang diberikan di sekolah saja. Seluruh perkembangan aspek seseorang dijangkau dalam kurikulum ini, baik aspek fisik, intelektual, sosial maupun emosional. Kemudian pengertian lain dari kurikulum yaitu segala pengalaman dan pengaruh yang bercorak pendidikan yang diperoleh anak disekolah, kurikulum ini meliputi segala sarana dan prasarana sekolah. (Patmonodewo, 2005:56).


Menurut Siti Fatimah Sopenaryo pada Anak Usia Dini kurikulum yang digunakan pada saat ini yaitu: Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dalam konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PADU) menurut Puskur-Balitung Depdiknas adalah anak yang berada pada rentangan usia 0 sampai 8 tahun. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan: ‘Perangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai Peserta Didik (PD), penilaian, kegiatan belajar mengajar dan pemerdayaan sumber daya pendidikan dalam pengembangan kurikulum sekolah. (Sopenaryo, 2004:3).

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic
Powered by Blogger.

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.