Ayat-Ayat Reproduksi Manusia

Menurut Achmad Fahrudin dkk, memasukkan 28 ayat yang membahas tentang embrio ini, ini mengindikasikan bahwa ayat Al-Qur’an yang berbicara reproduksi manusia tidak sedikit dan tersebar diberbagai surat dalam Al-Qur’an. Maurice Bucaille seorang ahli bedah berekebangsaan prancis mengakui menemui kesulitan dalam mencari ayat-ayat yang memuat reproduksi manusia meskipun pada akhirnya beliau berhasil mengumpulkan 23 ayat yang tersebar didalam Al-Qur’an. Sedangkan kami sendiri setelah melakukan research diseluruh surat dalam Al-Qur’an kami berhasil menemukan 38 ayat didalam 27 surat yang berbeda.
Kata kunci yang kami pakai adalah kata-kata yang mempunyai arti menciptakan ( dipilih hanya dalam konteks penciptaan manusia) seperti kata kholaka (خلق), shawara (صوّر), dan kata lain yang mengandung makna penciptaan manusia.
Hasil penelitian ayat tersebut akan kami urutankan sesuai turunnya dan kami kelopokkan sesuai tempat turunnya sebagaiberikut,
A. Makkiyah
1. Al-Alaq{96} ayat 2:

Artinya:
”Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah”.
2. An-Najm{53} ayat 45-46:

Artinya:
“Dan bahwasanya dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. Dari air mani, apabila dipancarkan”.
3.Abasa {80} ayat 19:

Artinya:
“Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.”
4. Al-Qiyammah{75} ayat 37-39:

Artinya:
“Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim),Kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan.”
5. Al-Mursalat{77} ayat 20-21:

Artinya:
“Bukankah kami menciptakan kamu dari air yang hina?, Kemudian kami letakkan dia dalam tempat yang kokoh (rahim),”
6. At-Tariq{86} ayat 6-7:

Artinya:
“Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,Yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan.”
7. Al-Mu’minun{23} ayat 12-14:

Artinya:
“Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.”
8.As Sajadah{32} ayat 7-9:

Artinya:
“Yang membuat segala sesuatu yang dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.Kemudian dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.”
9. Al-Ma’aarij{70} ayat 39:

Artinay:
“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya kami ciptakan mereka dari apa yang mereka ketahui (air mani)”
10.Al-Infitaar{82}ayat 7-8:

Artinya:
“Yang Telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang,Dalam bentuk apa saja yang dia kehendaki, dia menyusun tubuhmu”.
11.Al-Insiqaaq{84} ayat 19

Artinya:
“Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan),”
12.Ar ruum{30} ayat 20:

Artinya:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan kamu dari tanah, Kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.”
13.An-Nahl{16} ayat 4:

Artinya:
“Dia Telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.”
14.An-Nuh{71} ayat 14:

Artinya:
“Padahal dia Sesungguhnya Telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian”
15.Al-Waqi’ah{56} ayat 58:

Artinya:
“ Maka Terangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan.”
16.Yassin{36} ayat 77:

Artinya:
“Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa kami menciptakannya dari setitik air (mani), Maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!”
17.Al-An’am{6} ayat 2 dan 98:

Artinya:
“Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang dia sendirilah mengetahuinya), Kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).”

Artinya:
“Dan dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, Maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya Telah kami jelaskan tanda-tanda kebesaran kami kepada orang-orang yang Mengetahui.”
18.As Saaffat{37} ayat 11:

Artinya:
“Maka tanyakanlah kepada mereka (musyrik Mekah): "Apakah mereka yang lebih kukuh kejadiannya ataukah apa yang Telah kami ciptakan itu?" Sesungguhnya kami Telah menciptakan mereka dari tanah liat.”
19.Az-Zumar{39} ayat 6:

Artinya:
“Dia menciptakan kamu dari seorang diri Kemudian dia jadikan daripadanya isterinya dan dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan[1306]. yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. tidak ada Tuhan selain Dia; Maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?”
20.Al-Mu’min{40} ayat 67:

Artinya:
“ Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah Kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, Kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, Kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), Kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya).”
21,Al-Furqaan{25} ayat 54:

Artinya:
“Dan dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah[1070] dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.”
22.Al-Fatir{35} ayat 11:

Artinya:
“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah Kemudian dari air mani, Kemudian dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”
23.Ali Imran{3} ayat 6:

Artinya:
“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
24.Al-Ra’d{13} ayat 8:

Artinya:
“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang Sempurna dan yang bertambah. dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.”
25.Al-Kahfi{18} ayat 37:

Artinya:
“Kawannya (yang mukmin) Berkata kepadanya - sedang dia bercakap-cakap dengannya: "Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah, Kemudian dari setetes air mani, lalu dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna?”
26.Al-Hajj{22} ayat 5:

Artinya
“Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya kami Telah menjadikan kamu dari tanah, Kemudian dari setetes mani, Kemudian dari segumpal darah, Kemudian dari segumpal daging yang Sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, Kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, Kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya Telah diketahuinya. dan kamu lihat bumi Ini kering, Kemudian apabila Telah kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.”
B. Madaniyah
27,Al-Insan{76} ayat 2:

Artinya:
“Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), Karena itu kami jadikan dia mendengar dan Melihat.”

2 komentar:

Riyanti said... | September 23, 2010 at 10:10 AM

blogwalking....
thankz atas kunjungannya di rumah ane...
salam kenal ea n mg lncr sll ngebloging ria-nya :)


Salam sayank...

made SFC said... | September 24, 2010 at 2:59 PM

makasih atas kunjungn baliknya.... mga berkenan.... hehehe

kembali sayank.....

Powered by Blogger.

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.