Dalam kamus Bahasa Indonesia, pengertian dari hasil adalah " Keadaan yang mendatangkan hasil" dan pengertian belajar adalah " Berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu."
Menurut Partanto dan Yuwono hasil adalah nilai prestasi yang dicapai oleh seseorang.
Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang (Sabri, 2005:33)
Dari pengertian tersebut hasil belajar adlah keadaan yang mendatangkan hasil yang diperoleh dari usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu (Simposium,2000:38).
Jadi hasil belajar adalah suatu nilai hasil dalam belajar yang dicapai menurut kemampuan siswa dalam mengerjakan suatu tugas pada saat tertentu pula. Adapun kemampuan tersebut meliputi: menggambarkan, menyebutkan, melaksanakan,menghitung atau segala yang mengacu pada tujuan instruksional khusus yang telah dirancang sebelumnya atau hasil yang terakhir dicapai sebaik-baiknya dalam jangka waktu tertentu.
Adapun cara memperoleh hasil belajar antara lain:
a. Mengetahui hasil belajar yang efektif dan efisien
b. Belajar secara kontinyu
c. Motivasi belajar
d. Membuat kelompok belajar.
e. Gemar membaca
f. Mengetahui cara meringkas
Sedangkan wujud hasil belajar adalah :
a. Menunjukkan hasil belajar yang baik atau tinggi
b. Hasil yang dicapai seimbang denagn usaha yang dilakukan
c. Cepat dalam mengerjakan tugas
d. Menunjukkan sifat yang wajar.
Penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan criteria terttentu. Penilaian proses belajar adalah upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam mencapai tujuan-tujuan pengajaran. Oleh sebab itu penilaian hasil belajar dan hasil proses belajar saling berkaitan satu sama lain sebab hasil merupakan akibat dari proses. (Sudjana,2005:3)
Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa ciri penilaian adalah adanya obyek atau program yang dinilai dan adanya kriteria sebagai dasar untuk membandingkan antara kenyataan atau apa adanya dengan kriteria atau apa harusnya. Perbandingan bisa bersifat mutlak, bisa pula bersifat relative. Bersifat mutlak artinya hasil perbandingan tersebut menggambarkan posisi obyek yang dinilai, ditinjau dari kriteria yang berlaku. Sedangkan perbandingan bersifat relatif artinya hasil perbandingan lebih menggambarkan posisi suatu obyek yang dinilai terhadap obyek lainnya denagn bersumber dengan kriteria yang sama (Sudjana, 2005:3)
Menurut Horward Kingsley hasil belajar terdiri dari tiga bagian:
1. Keterangan kebiasaan
2. Pengetahuan dan pengertian
3. Sikap dan cita-cita
Menurut Gagne ada lima kategori hasil belajar:
1. Informasi Verbal
2. Keterampilan intelektual
3. Strategi kognitif
4. Sikap
5. Keterampilan kognitif
0 komentar:
Post a Comment