Tinjauan Tentang Reward (Pemberian Hadiah)

Pengertian Hadiah
Dalam hal ini penulis akan mengemukakan pendapat para ahli tentang pengertian tentang hadiah ( Reward):
a.    Menurut zainuddin Reward diartikan sebagai salah satu alat pendidikan yang diberikan pada murit sebagai imbalan terhadap prestasi yang dicapainya  (Zainuddin, 2001: )
b.    Menurut Indra Kusuma Reward: merupakan alat pendidikan yang represif yang menyenangkan hadiah diberikan pada anak yang telah menunjukkan hasil baik dalam pendidikan (indra kusuma, 2001: 85)


c.    Menurut Ramayulis: hadiah diberikan atas perbuatan-perbuatan atau hal-hal yang baik yang telah di lakukan(ramayulis,2008:211).
d.    Menurut purwanto  reward adalah alat untuk anak-anak supaya dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaanya mendapat penghargaan (Purwanto,2007:182).
Menurut Armai Arif (2002:127) Pengertian hadiah dapat dilihat sebagai berikut:
1.    Hadiah adalah alat pendidikan preventif dan represif yang menyenangkan dan bisa menjadi motivator belajar siswa.
2.    Hadiah juga termasuk memberikan sesuatu terhadap prilaku baik dari siswa dalam proses pendidikan.
         Hasbullah, (2006:27) mengemukakan bahwa pemberian hadiah dalam pendikan adalah merupakan alat pendidikan yang berupa tindakan pendidik yang berpengaruh terhadap tingkah laku anak didik. sedangkan alat pendidikan sendiri adalah suatu tindakan atau situasi yang sengaja diadakan untuk tercapainya untuk tercapainya suatu tujuan pendikan tertentu. alat pendidikan merupakan factor pendidikan yang sengaja di buat dan di gunakan demi pencapaian tujuan yang di inginkan.

         Sedangkan menurut jamil zaim hadiah adalah merupakan asal dan selamanya harus di dahulukan, karena terkadang hadiah tersebut lebih baik pengaruhnya dalam usaha perbaikan dari pada celaan atau suatu yang menyakitkan hati (Arif, 2002:123).
         Dari devinisi di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa hadiah adalah suatu alat yang diberikan pendidikan (tindakan) yang menyenangkan dan di berikan terhadap prilaku baik dari siswa maupun pendidikan dalam usaha perbaikan untuk mencapai tujuan yang di inginkan. maupun suatu usaha menumbuhkan motivasi agar anak didik lebih baik dalam belajar dan mencapai yang baik dalam proses belajar .
          Dengan demikian reward adalah suatu yang berfungsi insentif, yaitu suatu yang penting bagi anak yang dapat memperbesar kemungkinan bertambah giatnya usaha untuk mempertinggi atau memperbaiki prestasi, maka pemberian reward sangat penting untuk meningkat motivasi kegiatan yang produktif (kartamihardja dan ardiwinata,1997:142).
            Maksud pemberian hadiah(reward) bukanlah semata-mata karena hasil yang dicapai seorang anak, melainkan dengan hasil yang telah dicapai anak itu, pendidikan bertujuan membentuk kata hati kemauanya lebih baik dan lebih keras kepada anak. oleh karena itu, maka seorang pendidik hendaklah menanamkan pada diri anak supaya mengerjakan dan berbuat yang lebih baik dan tidak mengharapkan pujian atau penghargaan untuk siswa yang berprestasi. hal ini akan memacu semanggat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. disamping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengajar siswa yang berprestasi(Rahman dan sutikno,2009:21).
        Reward(hadiah) yang diberikan dalam pendidikan tidak boleh bersifat upah.”Upah” adalah suatu yang mempunyai nilai sebagai ganti rugi dari suatu pekerjaan atau suatu jasa. sedangkan Reward sebagai alat pendidikan yang tidak demikian halnya. akan tetapi belum tentu anak yang terpandai atau terbaik pekerjaanya di sekolah mendapat penghargaan dari gurunya sebab,jika demikian halnya. penghargaan itu sudah berubah sifatnya menjadi “Upah”, jika penghargaan itu sudah berubah sifat menjadi upah, penghargaan itu tidak lagi bernilai mendidik. seperti halnya anak mau bekerja giat dan berlaku baik karena mengharapkan upah dan jika tidak ada upah atau sesuatu yang diharapkanya mungkin anak itu berbuat seenaknya saja (purwanto,2007:182).

1 komentar:

Raswiyan Riyan said... | November 11, 2013 at 10:14 AM

assalamualaikum...mas mohon bantuannya untuk pencantuman sumber pustakanya...trims...riyan

Powered by Blogger.

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.