Hakikat Manusia itu Miskin

Apabila kita merasa memiliki harta yang sangat banyak, maka pikiran tersebut merupakan suatu kebodohan. bukankah harta itu akan kita tinggalkan saat mati? Sungguh, kita tidak mempunyai apapun, termasuk tubuh kita. Ketika lahir, kita telanjang dan tak berpakaian. Berkat kasih sayang ibu, kita diberi baju. kita juga senantiasa dilindungi oleh orang tua.
kita benar-benar tidak berdaya dan membutuhkan bantuan orang lain. Kita memerlukan bantuan petani agar kita bisa makan. kita juga membutuhkan pertolongan tukang kayu untuk membuat rumah. seandainya mereka tidak ada, kita pasti akan sengsara.
Jika kita membutuhkan begitu banyak bantuan, bagaimana mungkin kita mengklaim bahwa kita kaya?. Bukankah kaya berarti tidak membutuhkan?  Sebenarnya, hanya Allahlah Yang Maha Kaya, karena Dia tidak memerlukan apapun dan siapapun.
kita adalah mahluk-Nya yang miskin. Kita membutuhkan bantuan orang lain dan alam supaya dapat bertahan hidup. Berbagai hal yang disediakan alam, seperti oksigen, karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. tanpa beragam zat tersebut, kita tak bisa berbuat apa-apa. kita benar-benar miskin bukan?

0 komentar:

Powered by Blogger.

Blog Archive

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.