Keutamaan Sujud Tilawah



Termasuk keistimewaan al-Qur’an adalah ayat-ayat yang menentukan tentang sujud. Orang yang membaca ayat-ayat tentang sujud disunnatkan melakukan sujud dan sujud ini dinamakan sujud tilawah. Menurut mazhab Hanafi seperti yang dikutip oleh A. Rahman al-Jaziri dalam bukunya al-Fiqh ala Mazahib al-Arba’ah menyatakan, bahwa “sujud tilawah adalah sujud tanpa membaca tasyahud dan salam” . Al-Ghozali mngatakan bahwa adanya sujud tilawah untuk ayat sajdah ini merupakan salah satu aplikasi adab dalam memperhatikan ayat-ayat al-Qur’an yang sedang dibaca.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a:
عن أبى هريرة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إذا قرأابن ادم السجدة فسجد اعتزل الشيطان يبكى يقول: ياويله أمر بالسجدة فسجد فله الجنة وأمرت بالسجود قأبيت فلى النار
“Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda: “ Apabila seorang Adam membaca ayat sajdah, maka menyingkirlah syaithan sambil menangis dan berkata: “Celakahlah aku! ia diperintahkan bersujud lalu sujud, maka untuknyalah surga. Sedangkan saya diperintahkan tetapi saya menolak, maka untukku adalah neraka”.

Hadits lain yang menjadi dasar keutamaan pelaksanaan sujud tilawah bersumberkan dari Aisyah r.a, bahwa Rasul Saw bersabda:
ما من مسلم سحد لله تعالى سجدة إلا رفعه الله تعالى بها درجة او حط عنه بها خطيئةاو جمعها له كاتيهما
“Tidaklah seorang muslim bersujud kepada Allah, kecuali Allah akan mengangkat derajatnya dan menghapus kesalahannya atau kedua-duanya”.
Keutamaan lain yang menjadi dasar adanya anjuran sujud tilawah untuk ayat sajdah seperti firman allah SWT:
أفمن هذا الحديث تعجبون. وتضحكون ولا تبكون. وانتم سامدون. فاسجدو لله واعبدوا
“Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitahuan itu? Dan kamu mempertawakan dan tidak menangis? Sedang kamu melengahkannya maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah Dia”. (Q.S. al-najm: 59-62)
فما لهم لا يؤمنون. وإذاقرئ عليهم القران لا يسجدون
“Mengapa mereka tidak mau beriman dan apabila al-Qur’an dibacakan kepada mereka tidak bersujud”. (Q.S. al-Insyiqaq: 20-21).




0 komentar:

Powered by Blogger.

Blog Archive

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.