RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Meningkatkan keimanan kepada Malaikat



Text Box: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam
Satuan Pendidikan                 : SMK NU Gresik
Kelas / Semester                    : X Ak / Genap
Alokasi waktu                        : 2x45 menit

Standar Kompetensi              : Meningkatkan keimanan kepada Malaikat

KOMPETENSI DASAR       :
1.1. Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
1.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
1.3. Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam
 kehidupan sehari-hari.

 

INDIKATOR                         :

1.      Menjelaskan pengertian Malaikat.
2.      Menyebutkan nama-nama Malaikat yang wajib di imani dalam Islam
3.      Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Maliakat
4.      Memberikan contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
5.      Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN :

1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian Malaikat.
2.      Siswa mampu menyebutkan nama-nama Malaikat yang wajib di imani dalam Islam
3.      Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Maliakat
4.      Siswa mampu memberikan contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
5.      Siswa mampu menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

 



II. MATERI PEMBELAJARAN

  1. Pengertian beriman kepada Malaikat
  2. Tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
  3. Perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

 

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

- Model Pembelajaran        : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                            : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi.

 

 

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN

TATAP MUKA I ( 90 menit )
A. Kegiatan Awal
1. Kesiapan Kelas ( 5 menit )
  1. Memberi salam atau Doa
  2. Checking presensi kelas.
2. Apersepsi
  1. Guru menginformasikan standar kompentesi, kompentensi dasar dan indikator serta metode yang akan di tertapkan dalam mempelajari materi.
  2. Guru melakukan penjajagan pemahaman mengenai iman kepada Malaikat.
  3. Guru memberikan informasi bahan ajar mengenai iman kepada Malaikat.
  4. Siswa menanggapi dengan cermat apa yang disampaikan guru.
B. Kegiatan Inti (70 menit )
  1. Guru memberi perintah membaca dan memahami buku PAI jilid X yang dimiliki siswa tentang iman kepada Malaikat.
  2. Guru menjelaskan materi tentang iman kepada Malaikat.
  3. Guru melakukan Kognitif dan Afektif
C. Penutup ( 5 menit )
1.      Guru memberi waktu kepada siswa untuk bertanya tentang materi yangkurang difahami.             
  1. Guru memberikan pertanyaan sebagai postest untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan.
  2. Guru menyuruh salah satu siswa untuk memberi kesimpulan dari pembelajaran tentang materi iman kepada Malaikat.
  
   V.   Bahan / Sumber Belajar :            
v     Pendidikan Agama Islam, Drs H. Cholil Umam,M ag dkk,Duta Aksara,              Sidoarjo,2005
v     Referensi lain yang relevan

VI .  Alat belajar  :

v     Alat Belajar : Whiteboard, Spidol, penghapus.
VII.           Evaluasi / Penilaian
Penilaian             :    Tes lisan dengan memberikan pertanyaan kepada 
                                                          beberapa siswa sebagai sampel                                    
Bentuk soal        :     Uraian (lisan)
Jenis Tagihan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Soal
Aspek
Skor
Formatif



Tes Lisan
Uraian subyektif







1.       Jelaskan Pengertian Iman Kepada Malaikat?
2.       Sebutkan Nama-Nama Malaikat Yang Wajib Kita Imani!
3.       Menurut Kamu, Apa Pengertian Malaikat Itu?
4.       Apa Tugas Malaikat Berikut:
  • Jibril
  • Izroil
  • Munkar Dan Nakir
  • Rakib Dan Atid  
5.       Sebutkan Perilaku Penghayatan Iman Kepada Malaikat!
6.       Sebutkan Tanda-Tanda Beriman Kepada Malaikat!
7.       Dapatkah Kita Mengetahui Bilangan Malaikat ?
8.       Dapatkah Kita Mengetahui Hakikat Dzat Malaikat? Mengapa?
9.       Sebutkan ayat Qur'an yang menjelaskan tentang sifat-sifat malaikat!
10.   Coba sebutkan perbedaan antara manusia dan malaikat!





JAWABAN:
Percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah menciptakan makhluk yang diberi tugas melaksanakan perintah-Nya untuk mengurus alam semesta.
Nama-nama Malaikat yang wajib kita imani ada 10 yaitu: Jibril, Mikail, Izrail, Rakib, Atid, Munkar, Nakir, Malik dan Ridwan.
Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari cahaya, yang selalu taat pada perintah Allah
Tugas malaikat:
  • Jibril : Menyampaikan wahyu
  • Izrail : Mencabut nyawa.
  • Munkar dan Nakir : Penanya kubur.
  • Rokib dan Atid : pencatat amal perbuatan manusia.
Selalu bersikap optimis, bersikap penuh perhitungan, tidak menunda-nunda bertobat kepada Allah, membiasakan bersikap jujur,  senantiasa ingat kepada Allah, bersikap penuh tenggung jawabdalam segala perilaku hidup, mempercayai kepada yang ghoib, tidak menjerumuskan diri pada khufarat dan tahayul.
Selalu bersyukur kepada Allah, senantiasa cinta kepada Malaikat karena ibadah yang mereka lakukan dapat kita jadikan ibroh dalam kehidupan sehari-hari, optimis dalam menjalani kehidupan serta penuh harapan, menempuh hidup dengan hati-hati  dan penuh perhitungan, disiplin dan taat terhadap semua ajaran Islam.
Tidak
Tidak, karena manusia (kecuali Nabi dan Rasul) tidak diberi kemampuan oleh Allah untuk dapat melihat Malaikat di dunia ini.
QS. At-Tahrim: 6 :لَا يَعْصُوْنَ اللَّهَ مَاأَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ. (التّحريم: 6)
Artinya: " ......(Malaikat-malaikat) itu tridak mendurhakai Allah terhadap apa yang telah diperintahkan kepadanya dan mereka selalu mengerjakan apa yang diperintahkan kepada mereka". (QS. At-Tahrim: 6)
PERBEDAAN
MANUSIA
MALAIKAT
1.      Tercipta dari tanah
2.      Dibekali nafsu oleh Allah
3.      Dilahirkan dan mempunyai keturunan
4.      Tingkat keimanannya naik turun (kadang rajin, kadang pula malas)
5.      dll
1.      Diciptakan dari cahaya
2.      Tidak memiliki nafsu
3.      Tidak berjenis kelamin, tidak mempunyai keturunan
4.      Tingkat keimanannya stabil (selalu taat kepada Allah)
5.      dll


VI. PENILAIAN TEKHNIK PENSKORAN
            Tekhnik penskoran soal uraian  :
1.     Setiap skor uraian memiliki skor yang sama yaitu 10
2.    Skor nilai soal uraian keseluruhan maksimum 50
3.    Apabila semua soal dijawb benar semua diberi nilai skor 50 dengan nilai 5
                                 Nilai akhir soal uraian = Skor perolehan / Skor maksimal
                                                                                              10           































a.    Alat test / pengamatan
FORMAT LEMBARAN PENGAMATAN
Satuan pendidikan   : SMK NU Terate
Semester                  : 2 Genab                                                            
Kelas                        : X AK 1, 2 dan 3
NO
NAMA SISWA
Aspek yang di nilai
Indikator
                            Skor
Jumlah
Skor
Kriteria
A
B
C
D
E
1








2








3








4








5








Keterangan
Aspek yang di nilai / Indikator
A.     = Tertib mengikuti proses pembelajaran
B.     = Kerjasama dalam kelompok
C.     = Keaktifan dalam diskusi
D.     = Menghargai dalam diskusi
E.      = Pengendalian imosi
           Kriteria Penilaian
A   : 85 – 100 = Baik sekali                                                   D: 40 -54    = Kurang
B    : 70 – 84 = Baik                                                              E: <40 = kurang sekali
C   : 55- 69 = Cukup


                                                                                                  Gresik ,01 Maret 2010
                                                    Mengetahui
Guru pamong MAPEL                                                                          PPL    


           Hj. Ashyfah, S, Pd.i                                                                   Ahmad Efendi





0 komentar:

Powered by Blogger.

Blog Archive

Followers

OUR FACEBOOK

Sponsor Blog

Site Info

Copyright © 2012 Makalah Dunia ModernTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.